News

15 Negara dengan Kerentanan yang Tinggi Terhadap Human Trafficking

0

SelebritisNews.com, Jakarta – Perdagangan manusia adalah bisnis miliaran dolar dan salah satu industri ilegal yang tumbuh paling cepat di Bumi. Pada tanggal 30 Juli setiap tahunnya diperingati sebagai World Day against Trafficking in Persons untuk membantu meningkatkan kesadaran tentang masalah ini. Departemen AS yang menyelidiki negara-negara untuk laporan Trafficking in Person tahunannya telah mengklasifikasikan 46 negara sebagai Tingkat 3 dari 2011 hingga 2018.

Tingkat 3 adalah kategori terendah yang menampilkan negara-negara yang tidak sepenuhnya memenuhi standar minimum yang ditetapkan dalam Trafficking Victims Protection Act dan tidak mengambil tindakan signifikan untuk melakukannya. Dan berikut adalah 15 negara yang sangat rentan terhadap kasus perdagangan manusia.

1. Guinea Khatulistiwa

15 Negara yang Paling Rentan Terhadap Kasus Perdagangan Manusia

slavefreetoday.org

Perempuan di Guinea Khatulistiwa sangat rentan terhadap perdagangan seks. Praktik menggunakan kerja paksa juga umum di negara ini. Sejumlah besar perempuan imigran dan perempuan lokal sering dieksploitasi untuk seks, sementara laki-laki dan anak-anak dipaksa untuk bekerja di tambang minyak.

2. Eritrea

15 Negara yang Paling Rentan Terhadap Kasus Perdagangan Manusia

africanews.com

Eritrea adalah sumber utama perdagangan manusia. Para korban menjadi sasaran kerja paksa. Ribuan warga Eritrea yang telah meninggalkan negara mereka untuk mencari kehidupan yang lebih baik dan peluang ekonomi telah menjadi mangsa pelaku perdagangan manusia.

Pemerintah Eritrea juga mewajibkan warganya yang berusia antara 18 dan 40 tahun untuk mengambil bagian dalam kerja paksa sebagai bagian dari layanan nasional selama setidaknya 18 bulan. Namun, kebanyakan orang dipaksa melayani tanpa batas waktu dalam kondisi yang tidak menguntungkan seperti penyiksaan dan penahanan.

3. Iran

15 Negara yang Paling Rentan Terhadap Kasus Perdagangan Manusia

eng-archive.aawsat.com

Warga negara Iran sangat rentan terhadap perdagangan manusia baik di dalam maupun di luar negeri. Berbagai laporan muncul tentang kenaikan jumlah anak muda Iran sebagai pekerja seks di UEA.

Paspor para korban ini sering disita sehingga mereka sama sekali tidak berdaya di negara asing. Banyak perempuan Iran yang tinggal di sepanjang perbatasan Iran-Turki juga rentan terhadap perdagangan seks lintas negara.

4. Korea Utara

15 Negara yang Paling Rentan Terhadap Kasus Perdagangan Manusia

theconversation.com

Korea Utara adalah negara sumber bagi para korban perdagangan seks dan kerja paksa. Di dalam negeri, kerja paksa adalah bagian dari represi politik dan salah satu pilar sistem ekonomi. Warga Korea Utara mengalami kerja paksa melalui pekerjaan yang ditugaskan. Sekitar 120.000 orang ditahan di kamp-kamp Korea Utara. Penindasan pemerintah telah memaksa ribuan orang melarikan diri dari Korea Utara dan membuat mereka rentan terhadap perdagangan.

5. Republik Afrika Tengah

15 Negara yang Paling Rentan Terhadap Kasus Perdagangan Manusia

humanosphere.org

Republik Afrika Tengah adalah negara sumber dan transit bagi orang-orang terutama anak-anak, yang menjadi korban perdagangan seks dan kerja paksa. Sebagian besar korban perdagangan manusia di Republik Afrika Tengah adalah warga negara yang dieksploitasi di dalam negeri.

Korban lainnya diangkut ke negara-negara tetangga seperti Nigeria, Republik Demokratik Kongo, Chad dan Kamerun. Ketidakstabilan politik dan pemindahan lebih dari satu juta orang telah meningkatkan kerentanan anak-anak, pria dan wanita terhadap perdagangan manusia.

6. Mauritania

15 Negara yang Paling Rentan Terhadap Kasus Perdagangan Manusia

theglobepost.com

Mayoritas warga yang menjadi sasaran perbudakan di Mauritania adalah anak-anak dan orang dewasa dari komunitas Afro-Mauritan dan Black Moor. Para korban dipaksa bekerja tanpa bayaran. Gadis dan wanita Mauritania yang direkrut oleh agen-agen asing sebagai pekerja rumah tangga sering menjadi korban perdagangan seks di Teluk dan Arab Saudi. Beberapa dipaksa menikah oleh agen perjalanan dan calo baik di negara itu maupun di Timur Tengah.

7. Suriah

15 Negara yang Paling Rentan Terhadap Kasus Perdagangan Manusia

humantraffickingcenter.org

Perdagangan manusia di Suriah terus memburuk karena perang saudara yang sedang berlangsung di negara itu. Lebih dari setengah populasi Suriah telah mengungsi dan ribuan orang terbunuh sejak awal perang.

Warga Suriah yang berada di kamp-kamp pengungsi sangat rentan terhadap perdagangan manusia, terutama anak-anak yang dipaksa menikah dini dan kerja paksa.

8. Aljazair

15 Negara yang Paling Rentan Terhadap Kasus Perdagangan Manusia

frontdesk.com.my

Aljazair adalah rute transit bagi orang-orang yang menjadi sasaran perdagangan manusia. Alajazair juga adalah tujuan bagi orang-orang yang diperdagangkan. Paling sering, pria dan wanita memasuki Aljazair secara sukarela dan dengan bantuan penyelundup dengan harapan bepergian ke Eropa.

Namun, beberapa dari mereka menjadi korban perdagangan manusia dan dipaksa menjadi pelacur dan pekerja kasar. Setidaknya 10.000 orang di Aljazair berisiko diperdagangkan.

9. Guinea-Bissau

15 Negara yang Paling Rentan Terhadap Kasus Perdagangan Manusia

childrensvillages.org

Orang-orang yang diperdagangkan dari Guinea-Bissau menjadi sasaran pelacuran dan kerja paksa. Negara ini merupakan sumber dan tujuan bagi anak laki-laki Afrika Barat yang menjadi sasaran kerja paksa. Sebagian besar anak laki-laki di Guinea-Bissau menghadiri sekolah-sekolah Al-Quran.

Beberapa marabout (orang yang dianggap lebih sakti dan seringkali dianggap memiliki kekuatan supranatural) yang mengajar anak-anak ini memaksa mereka untuk mengemis di sekitar sekolah dan di lingkungan tempat mereka tinggal. Sebagian besar pelaku perdagangan manusia adalah laki-laki dari daerah Gabu dan Bafata.

10. Rusia

15 Negara yang Paling Rentan Terhadap Kasus Perdagangan Manusia

mintpressnews.com

Lebih dari 5 juta migran di Rusia bekerja sebagai budak di pabrik dan sebagai pengemudi publik. Para pekerja ini rentan terhadap perdagangan seks dan kerja paksa. Masuknya migran ke Rusia difasilitasi oleh para pejabat Rusia.

Pejabat lain bahkan disuap untuk tidak menyelidiki atau memberikan laporan palsu tentang kejahatan perdagangan manusia. Sebagai negara tujuan, sumber dan transit bagi para korban perdagangan manusia, Rusia tidak berbuat banyak untuk mencegah kasus perdagangan manusia.

11. Venezuela

15 Negara yang Paling Rentan Terhadap Kasus Perdagangan Manusia

borgenproject.org

Lebih dari setengah orang yang diperdagangkan keluar dari Venezuela adalah orang dewasa, 26 persen adalah anak perempuan dan anak laki-laki adalah 19 persen. Para korban terpikat oleh janji pekerjaan yang dibayar dengan baik dan kondisi kerja yang lebih baik tetapi berakhir di negara-negara di mana pelaku perdagangan manusia memaksa mereka menjadi pelacur dan kerja paksa.

Venezuela bertindak sangat minim untuk menghukum atau mencegah perdagangan manusia meskipun memiliki undang-undang yang ketat terhadapnya. Sejak 2013, hanya tiga orang yang dihukum berdasarkan hukum perdagangan manusia di Venezuela.

12. Kuwait

15 Negara yang Paling Rentan Terhadap Kasus Perdagangan Manusia

alaraby.co.uk

Kuwait adalah negara tujuan bagi orang-orang yang diperdagangkan yang sebagian besar menjadi sasaran kerja paksa. Pria dan wanita yang bermigrasi ke Kuwait  berasal dari Afrika, Timur Tengah dan Asia Tenggara untuk mencari pekerjaan seringkali rentan terhadap pelecehan seksual dan kerja paksa.

13. Libya

15 Negara yang Paling Rentan Terhadap Kasus Perdagangan Manusia

news.abs-cbn.com

Libya adalah negara tujuan dan transit bagi orang-orang yang diperdagangkan, terutama dari Afrika. Libya juga merupakan negara sumber bagi anak-anak yang menjadi sasaran milisi bersenjata di dalam negeri. Milisi bersenjata ini merekrut dan menggunakan anak-anak muda di bawah 18 tahun. Anak-anak ini juga menjadi korban kekerasan seksual.

Kejahatan dan perdagangan manusia di negara ini disebabkan oleh ketidakstabilan politik dan kurangnya pengawasan pemerintah.

14. Yaman

15 Negara yang Paling Rentan Terhadap Kasus Perdagangan Manusia

aljazeera.com

Yaman adalah negara sumber bagi anak-anak dan orang dewasa yang menjadi korban kerja paksa dan perdagangan seks. Perdagangan manusia telah diakibatkan oleh konflik kekerasan dan kurangnya aturan hukum. Anak laki-laki Yaman menjadi sasaran kerja paksa setelah bermigrasi ke Arab Saudi dan Oman. Di sini, mereka dipaksa melakukan perdagangan seks dan kegiatan penyelundupan narkoba.

15. Zimbabwe

15 Negara yang Paling Rentan Terhadap Kasus Perdagangan Manusia

ibtimes.co.uk

Perempuan dan gadis muda yang tinggal di kota-kota Zimbabwe yang dekat dengan perbatasan menjadi sasaran perdagangan seks. Para pria juga menjadi sasaran kerja paksa dalam layanan rumah tangga dan pertanian, terutama di daerah pedesaan. Anak-anak dan kerabat dari daerah pedesaan direkrut oleh anggota keluarga mereka yang tinggal di kota-kota dan dijadikan budak rumah tangga.

Banyak warga Zimbabwe bermigrasi ke Afrika Selatan dengan bantuan supir taksi untuk mencari kehidupan yang lebih baik. Sayangnya, banyak dari mereka kemudian menjadi sasaran kerja paksa dan pelacuran.

Nah itulah 15 negara yang sangat rentan terhadap perdagangan manusia. Kasus perdagangan manusia menjadi sebuah masalah yang harus diselesaikan tidak hanya satu pihak, namun diselesaikan oleh semua pihak.

Zozibini Tunzi, Pemenang Miss Universe 2019

Previous article

Kasus Jenazah Bayi Tanpa Kepala Terus Bergulir. Arif: “Dimakan Binatang Biasa Terjadi”

Next article

More in News

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *