SelebritisNews.com
Art is not a luxury, but a necessity.

Belajar Bahasa Gaul yang Sering Diucapkan Anak Muda Korea Jaman Now | Tenasia

0 12



Hi, pembaca Ten Indonesia!

Semoga masih tetap semangat belajar Bahasa Korea ya! Hari ini, Ten Indonesia akan membahas tentang beberapa bahasa gaul yang sering dipakai oleh anak-anak muda Korea jaman sekarang dan sering disebutkan dalam drama Korea.

Penasaran? Ayo kita simak-satu per satu ya!

내돈내산 (Nae-don-nae-san)

Ini merupakan bahasa gaul Korea yang merupakan singkatan dari 내돈으로 것 (Nae Doneuro Naega San Geot), yang artinya ‘sesuatu yang aku beli dengan uangku sendiri’.

치맥 (Chi-maek)

Ini merupakan bahasa gaul Korea yang merupakan singkatan dari 킨+주 (Chicken (ayam goreng) + Maekju (bir)). Ini merupakan perpaduan terbaik yang sering dipesan oleh orang-orang Korea ketika ingin makan di restoran.

Contoh :

오늘은 치맥 먹으러 가자!

Oneul-eun chimaek meokgeuro kaja!

Ayo makan chimaek (ayam dan bir) hari ini!

노잼 (No Jam)

No Jam adalah singkatan dari kata ‘no’ yang berarti ‘tidak’ dalam Bahasa Inggris, dan ‘jam’ dari kata ‘jaemi itta’ yang berarti ‘menarik’. Bahasa ini sering disebutkan ketika kamu sedang menghadapi situasi yang menurut kamu sama sekali tidak menarik.

Contoh :

이 드라마는 노잼이야

I dramaneun nojamiya

Drama ini tidak menarik

많관부 (Manh-gwan-bu)

Ini merupakan bahasa gaul yang sering dipakai ketika seseorang ingin meminta perhatian atas sesuatu/karya yang dimilikinya. Istilah  ini juga sering dipakai oleh sejumlah artis Korea yang sedang mempromosikan karyanyanya. Manh-gwan-bu sendiri merupakan singkatan dari 탁드립니다 (manheun gwansim buthakdeurimnida), yang artinya ‘minta perhatiannya’.

Contoh:

Image source : official__wonho / twitter screenshot

Foto di atas merupakan hasil layar tangkap ketika penyanyi Korea, Wonho, sedang mempromosikan penampilan panggungnya. Dalam twitternya, ia menulis “Pre-recording Music Core secara online!! Minta perhatian kalian untuk penampilan panggung lagu Lose, ya!!

팬아저 (phaen-ah-jeo)

Ini merupakan bahasa gaul Korea yang merupakan singkatan dari “니어도 장” (paen-ee-ah-ni-eo-do-jeojang), yang artinya ‘meskipun aku nggak nge-fans, tapi aku masih menyimpan fotonya. Dalam hal ini adalah foto dari para artis yang memiliki visual yang luar biasa.

꾸안꾸 (kku-an-kku)

Ini merupakan istilah yang cukup sering diungkapkan oleh selebriti Korea, dimana kku-an-kku merupakan singkatan dari 민 듯 민듯 (kkumin deut an kkumin deut). Maksudnya, istilah ini menerangkan ketika seseorang yang menghias diri dengan bermakeup, namun masih natural.

Contoh :

요즘 꾸안꾸가 제일 좋아

Yojeum kku-an-kkuga jeil joa

Akhir-akhir ini aku sedang gaya kku-an-kku (fashionable tapi tetap natural)

갑분싸 (Gab-bun-ssa)

Bagi kamu pecinta Drakor, kamu mungkin akan familiar dengan istilah yang satu ini. Ini merupakan sebuah istilah yang menggambarkan keadaan atau suasana yang tidak nyaman atau canggung ketika sedang bertemu dengan orang baru. Gab-bun-ssa merupakan singkatan dari 자기 위기 해짐 (gabjagi bunwigi ssahaejim), yang artinya ‘suasana tiba-tiba menjadi dingin’.

Contoh :

Dalam video di bawah ini, kamu bisa mengetahui bagaimana situasi menjadi gab-bun-ssa dimenit pertama sampai 0:22 detik ya!

넘사벽 (Neom-sa-byeok)

Ini merupakan singkatan dari 지 못할 차원의 (neomji mothan sachawone byeok), yang artinya ‘dinding 4 dimensi yang tidak bisa dipanjat. Maksudnya, kalimat ini menggambarkan bagaimana kamu tidak bisa meraih sesuatu yang tidak mungkin, misalnya pacaran sama biasmu sendiri.

Contoh :

내 친구의 한국어 신력은 넘사벽이다

Nae chingueui hangugeo silyeokeun neomsabyeok-ida

Kemampuan Bahasa Korea temanku sangat tidak tertandingi

Nah, itu dia beberapa istilah bahasa gaul yang sering diucapkan oleh anak-anak muda Korea. Bagi yang ingin mendengarkan penjelasannya lebih detail, jangan lupa untuk tonton video kelas Bahasa Korea ala Ayana ssaem di sini ya!



Sumber Berita

Leave A Reply

Your email address will not be published.