SelebritisNews.com
Art is not a luxury, but a necessity.

Berikut Syarat Wajib Rapid Test Antigen di Indonesia

0 59



Berikut Syarat Wajib Rapid Test Antigen di Indonesia


SelebritisNews.com, Rapid test antigen, seperti kita ketahui kini menjadi salah satu syarat bagi individu yang akan melaksanakan perjalanan. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah terjadinya penyebaran virus Corona baik di perjalanan maupun di lokasi tujuan. Rapid test antigen dipercaya mampu mendeteksi adanya virus dalam tubuh kita dan dianggap lebih akurat jika dibanding rapid test antibodi.

Mengapa demikian? Karena pada rapid test antigen, spesimen atau sampel yang diambil adalah cairan atau lendir dari tenggorokan dan atau hidung, sedangkan pada rapid test yang diujikan adalah antibodi seseorang ketika terdapat serangan virus atau terkena infeksi dan sampelnya berupa darah. Meski test PCR menjadi cara uji virus corona yang direkomendasikan WHO, test antigen menjadi pertimbangan syarat perjalanan karena hasilnya dapat diketahui lebih cepat.

Syarat Rapid Test Antigen di Indonesia

Ilustrasi Rapid Test Antigen (pikiran-rakyat.com)

Beberapa Daerah di Indonesia yang Mewajibkan Rapid Test Antigen sebagai Syarat Perjalanan

Sebelum melakukan perjalanan, sebaiknya Anda mengetahui daerah mana saja yang mengharuskan kita melakukan rapid test antigen, diantaranya:

  1. DKI Jakarta, Peraturan rapid test antigen Jakarta ini ditegaskan lewat Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 64 Tahun 2020.
  1. Jawa Barat, Kebijakan ini pun tertuang dalam Surat Edaran Gubernur Nomor 202/KPG.03.05/HUKHAM.
  1. D.I Yogyakarta, Selain kedua daerah di atas, Sri Sultan Hamengkubuwono X pun mengharuskan seseorang yang hendak memasuki wilayah DIY menunjukkan hasil rapid test antigen atau PCR.
  1. Jateng dan Solo, Jawa Tengah serta Solo pun menjadi daerah yang mengharuskan pelaku perjalanan baik yang baik yang menggunakan kereta, pesawat, atau kendaraan pribadi untuk menunjukkan hasil rapid test antigen atau PCR negatif.
  1. Malang, Sejalan dengan Jawa Barat dan DIY, Malang pun merupakan aturan bagi yang ingin memasuki wilayahnya diharuskan melakukan rapid test antigen atau PCR
  1. Bali, Gubernur Bali, Wayan Koster menerbitkan surat edaran bagi seluruh pelancong untuk menyertakan hasil negatif rapid test antigen atau PCR.

Syarat Rapid Test

Sebelum melakukan perjalanan mari pahami aturan yang dikeluarkan oleh Satgas Penanganan Covid-19 berikut ini:

  1. Mematuhi protokol kesehatan 3M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan).
  2. Pengetatan protokol kesehatan, yaitu penggunaan masker wajib secara benar, yaitu menutupi hidung dan mulut dengan jenis masker kain 3 lapis maupun masker medis.
  3. Tidak disarankan untuk untuk  makan  juga  minum  sepanjang  perjalanan  penerbangan pada perjalanan dengan jarak tempuh kurang dari 2 jam (kecuali untuk seseorang yang diharuskan untuk konsumsi obat).

Hal – Hal yang harus dipersiapkan sebelum melakukan test Covid-19 adalah sebagai berikut:

  1. Mengisi dokumen atau formulir.
  2. Mengisi data riwayat baik kontak dengan pasien ataupun tidak.
  3. Diperiksa keadaannya, seperti suhu tubuh atau nadi.

Bagi Anda yang akan melakukan perjalanan menggunakan kereta api, PT. KAI menyelenggarakan layanan rapid test untuk pelaku perjalanan di beberapa stasiun. Hal ini berdasarkan Surat Edaran (SE) Nomor 23 Tahun 2020 mengenai Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dengan Transportasi Perkeretaapian Selama Masa Natal 2020 Dan Tahun Baru 2021 Dalam Masa Pandemi Coronavirus Disease (Covid-19). Dengan persyaratan:

  1. Dilakukan paling lambat H-1 sebelum perjalanan/ keberangkatan.
  2. Tidak disarankan untuk melakukan uji test di hari yang sama atau mendadak karena antrian yang cukup panjang.
  3. Menunjukkan tiket perjalanan atau kode booking rapid test antigen.
  4. Membayar biaya sebesar Rp105.000.

Pihak KAI telah menyiapkan ruang tunggu yang memadai untuk pendaftar, pengambilan sampel dan tempat menunggu hasil. Tenaga medis yang melakukan pengambilan sampel serta segala kebutuhan administrasinya pun telah ditambah.

Dan bagi yang ingin melakukan pemeriksaan maupun konsultasi dan rapid test antigen di lokasi atau layanan kesehatan terdekat, Anda bisa mengakses aplikasi Halodoc karena disana informasi yang Anda butuhkan akan disajikan secara lengkap dan jelas.


Photo credit : Ilustrasi Rapid Test Antigen / cnnindonesia.com


 

idaulat





Source link

Leave A Reply

Your email address will not be published.