FeaturedRELATIONSHIP

Ini Lho 7 Jenis Cinta

0

SelebritisNews.com – Cinta adalah sebuah emosi yang kita miliki. Sebuah perasaan yang bisa menimbulkan kebaikan dan keburukan. Jika kamu mengucapkan “Aku Cinta Kamu” kepada pasanganmu, jenis cinta apakah yang akan kamu berikan? Ternyata apa yang kita rasakan sebagai cinta, memiliki banyak bentuk dan tujuannya. Sekarang kamu perlu tau bahwa cinta bukan hanya tentang lawan jenis.

Perasaan cinta mulai tumbuh sejak kita masih kecil. Orangtua kita yang menularkannya sampai kita dewasa. Cinta juga sangat identik dengan perilaku, seperti sifat seseorang yang tercermin dari perilakunya. Kamu perlu tahu cinta mana yang kamu rasakan kepada seseorang. Berikut bentuk-bentuk cinta yang perlu kamu ketahui:

1. Cinta dasar (basic love)

Jangan Salah Mengungkapkan, 7 Jenis Cinta yang Perlu Kamu Tahu

Pexels/Pixabay

Apa yang kamu rasakan kepada orang tuamu saat kecil adalah cinta ini. Cinta dasar merupakan permulaan kita menumbuhkan perasaan. Cinta ini merupakan bahan mentah yang belum diolah, sehingga akan ada beragam bentuk cinta yang tumbuh dari cinta ini.

Orientasi dari cinta ini adalah diri sendiri. Sebagai contoh, saat kecil kita mencintai ayah dan ibu karena mereka merawat kita, membesarkan kita, membelikan barang yang kita suka, hingga membuat kita merasa damai dan tenang. Kemudian kita sangat menyayangi ayah dan ibu, karena termotivasi apa yang dilakukan mereka kepada kita.

2. Cinta diri (self love)

Jangan Salah Mengungkapkan, 7 Jenis Cinta yang Perlu Kamu Tahu

Pexels/Pixabay

Pernahkan kamu melakukan tindakan yang hanya bertujuan untuk dirimu sendiri? Itulah cinta diri. Cinta diri pasti dimiliki setiap orang, cinta ini tumbuh untuk melindungi diri kita dari ancaman dunia luar. Tidak selalu buruk, cinta diri merupakan kebutuhan. Cinta ini akan sangat membantu dalam membentuk diri sebagai seseorang yang lebih baik dan bahagia.

Ketika kamu berhasil melakukan sesuatu yang hebat kemudian rasa percaya dirimu tumbuh, kamu telah memberikan cinta diri. Namun jika berlebihan cinta diri bisa berarti menjatuhkan orang lain, agar kita sendiri tetap bertahan.

3. Cinta alamiah (programmed love)

Jangan Salah Mengungkapkan, 7 Jenis Cinta yang Perlu Kamu Tahu

Pexels/Luis Quintero

Mungkin saat kecil kamu pernah dibela ibumu atau ayahmu meski sudah tahu kamu melakukan kesalahan. Perasaan dibela yang dilakukan ibu dan ayahmu kepadamu adalah cinta alamiah. Tidak ada alasan lain kenapa dirimu dibela oleh kedua orang tuamu, cinta alamiah adalah hukum keteraturan alam semesta.

Dalam contoh lain, cinta alamiah merupakan alasan orang tuamu sejak kecil terus merawatmu hingga besar dan lulus sekolah. Orang tuamu memiliki kewajiban untuk memberi apa yang kamu perlukan.

4. Cinta erotis (erotic love)

Jangan Salah Mengungkapkan, 7 Jenis Cinta yang Perlu Kamu Tahu

Pexels/Pixabay

Cinta ini merupakan saluran dari hasrat seksual. Cinta ini bisa bertujuan positif dan negatif. Positif karena setiap orang sangat memerlukan cinta ini untuk melanjutkan keturunan (prokreasi). Namun jika cinta erotis ternoda ia bisa menjadi nafsu.

Sehingga cinta erotis yang kamu berikan bisa bertujuan negatif, hanya untuk senang-senang, kenikmatan dan kepuasan seksual (rekreasi). Cinta erotis sangat sensitif dalam kehidupan sosial, cinta ini adalah privasi milik sepasang kekasih.

5. Cinta altruistik (altruistic love)

Jangan Salah Mengungkapkan, 7 Jenis Cinta yang Perlu Kamu Tahu

Pexels/Pixabay

Kamu pernah mencintai seseorang tanpa mempertimbangkan dirimu sendiri? Inilah bentuk cinta yang kamu rasakan. Cinta ini selalu dalam bentuk satu arah atau menuntut. Dalam bentuknya yang parah cinta ini secara tidak realistis memproyeksikan harapan yang kita miliki tentang seseorang yang tampak sempurna, kita sangat tergila-gila kepada seseorang.

Cinta buta juga merupakan bentuk lain dari cinta altruistik. Cinta buta kamu rasakan ketika sangat mencintai seseorang tanpa mempedulikan apa pun. Tidak selalu buruk, cinta buta bisa merupakan bentuk cinta yang baik juga.

6. Cinta timbal balik (earned reciprocal love)

Jangan Salah Mengungkapkan, 7 Jenis Cinta yang Perlu Kamu Tahu

Pexels/bruce mars

Bentuk cinta seperti ini yang seharusnya kamu berikan kepada pasanganmu. Cinta ini dirasakan oleh kedua orang manusia yang berhasil membangun sikap saling menghargai secara positif. Dengan cinta ini kamu secara aktif (dengan pasangan) menjalin ikatan yang saling menguntungkan.

Kamu tidak terlalu memperhatikan kekurangan milik pasanganmu. Meskipun kamu tahu kekurangan pasanganmu, cinta dalam bentuk ini merasa bahwa sebuah hubungan adalah perjalanan yang wajar terdapat halangan. Cinta ini tidak berupa saling menuntut namun lebih banyak untuk  saling memberi.

7. Cinta asuh (nurturing love)

Jangan Salah Mengungkapkan, 7 Jenis Cinta yang Perlu Kamu Tahu

Pexels/Moose Photos

Cinta tidak hanya soal romantisme saja. Jika kamu pernah memiliki motivasi untuk membantu orang lain agar dia memperbaiki perilakunya atau sifatnya, kamu telah memberikan cinta asuh dengannya. Semisal kamu membantu mitra kerjamu ketika tahu dia mendapat pekerjaan yang sulit dan tidak kunjung selesai. Atau ketika kamu memberi apresiasi atas tindakan orang lain atau prestasi orang lain.

Sekarang kamu sudah tahu kan kalau jenis cinta itu ada banyak macamnya?

Sah! 10 Potret Prosesi Ijab Kabul Rezky Adhitya dan Citra Kirana. So Sweet…

Previous article

Ini Akibat Bila Tak Membersihkan Wajah Sebelum Tidur

Next article

More in Featured

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *