News

Jangan Sampai Terlewat, Berikut Tahapan Tes CPNS

0

SelebritisNews.com, Jakarta – Tahun 2019 ini pemerintah membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sebanyak lebih dari 100 ribu formasi. Lowongan ini tersedia di berbagai tingkatan kantor pemerintahan dan kementerian, baik di pusat maupun daerah.

Jadwal pendaftaran CPNS sudah tutup pada akhir bulan November 2019 lalu. Beberapa kementerian bahkan sudah memberikan pengumuman siapa saja calon pelamar yang lolos ke tahap selanjutnya.

Sebenarnya apa saja sih tahapan tes CPNS yang harus kamu lalui supaya lolos menjadi Aparatus Sipil Negara (ASN)? Berikut tahapannya.

Supaya Lolos, Ini Tahapan Tes CPNS yang Harus Kamu Lalui

Tahap pertama yang akan dilakukan oleh pemerintah saat membuka lowongan CPNS adalah memberikan pengumuman penerimaan CPNS. Pengumuman ini biasanya 15 hari sebelum pendaftaran. Informasi yang diberikan saat pengumuman biasanya adalah kementerian apa saja yang membuka lowongan, jumlah formasi yang dibutuhkan dan persyaratan yang harus disiapkan. Selama 15 hari tersebut diharapkan para calon pelamar mempersiapkan semua berkas yang dibutuhkan.

Supaya Lolos, Ini Tahapan Tes CPNS yang Harus Kamu Lalui

Setelah pengumuman, tahap selanjutnya adalah pendaftaran CPNS. Untuk bisa mendaftarkan diri, kamu harus membuka situs https://sscasn.bkn.go.id. Dalam situs tersebut, kamu diwajibkan untuk mengisi data diri dan melengkapi berkas yang dibutuhkan.

Persyaratan apa saja yang dibutuhkan untuk mendaftar CPNS bisa kamu klik di link di bawah ini.

Baca Juga: Pendaftaran CPNS 2019 Resmi Dibuka, Syarat Apa Saja yang Harus Disiapkan?

Supaya Lolos, Ini Tahapan Tes CPNS yang Harus Kamu Lalui

Setelah calon pelamar melakukan pendaftaran di situs https://sscasn.bkn.go.id sebelum tanggal penutupan, selanjutnya adalah menunggu pengumuman administrasi. Jika dalam pengumuman administrasi ini lolos, maka pelamar akan melanjutkan ke tahap berikutnya, yakni Seleksi Kompetensi Dasar.

Supaya Lolos, Ini Tahapan Tes CPNS yang Harus Kamu Lalui

Pelamar yang lolos Seleksi Kompetensi Dasar merupakan seleksi menggunakan komputer untuk menyaring para calon CPNS. Biasanya materi yang diujikan adalah seputar pengetahuan umum dan kemampuan berhitung serta analisis. Pastikan kamu mendapat nilai minimum dari passing grade yang telah ditentukan. Jika tidak, maka kamu tidak akan lolos.

Supaya Lolos, Ini Tahapan Tes CPNS yang Harus Kamu Lalui

Setelah lulus Seleksi Kompetensi Dasar, selanjutnya pelamar akan mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang. Dalam seleksi ini ada beragam, Bela. Mulai dari tes tertulis, praktik, wawancara bahkan tes fisik. Seleksi Kompetensi Bidang disesuaikan dengan bidang pekerjaan yang kamu lamar.

Supaya Lolos, Ini Tahapan Tes CPNS yang Harus Kamu Lalui

Selanjutnya adalah pengumuman kelulusan. Setelah mengikuti serangkaian tes yang cukup panjang, tahap ini merupakan yang paling ditunggu. Jika namamu ada dalam daftar Pengumuman Kelulusan maka selamat, kamu sudah lolos menjadi CPNS.

Supaya Lolos, Ini Tahapan Tes CPNS yang Harus Kamu Lalui

Selesai sampai di situ? Tentu tidak, saat kamu dinyatakan lolos pada Pengumuman Kelulusan, kamu harus mengikuti tahap pemberkasan. Pada tahap ini kamu akan diminta beberapa berkas yang dibutuhkan. Setelah itu selesai!

Bagaimana, ternyata meski prosedurnya panjang, jika diikuti dengan baik nggak akan terasa berat ya. Semoga kamu lolos ya, Gengs!

Pendaftaran CPNS 2019 Resmi Dibuka, Syarat Apa Saja yang Harus Disiapkan?

Previous article

Kaleidoskop: Pernikahan Artis Paling Mengejutkan Sepanjang 2019

Next article

More in News

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *