SelebritisNews.com
Art is not a luxury, but a necessity.

Kepoin ‘Goshiwon’, Kost Murah di Korea | Tenasia

0 19



Goshiwon adalah sebuah ruangan kos kecil yang dilengkapi beberapa fasilitas utama. Goshiwon sendiri biasanya berisikan kasur, meja belajar, bahkan terkadang ada yang dilengkapi dengan kamar mandi dalam, kulkas dan tv.  Ukurannya yang kecil, dengan harga yang murah namun memiliki segala keperluan untuk hidup membuat goshiwon disebut sebagai salah satu hidden gems di Korea. 

Goshiwon – cr twitter

Awalnya, goshiwon diperuntukan bagi para pelajar untuk belajar namun kini goshiwon banyak digunakan oleh beberapa orang Korea dan turis dengan low budget. Goshiwon bisa menjadi pilihan tempat menginap pembaca Ten jika ingin berlibur ke Korea untuk menghemat budget loh, harganya berkisar 250.000 won (sekitar 3,2 juta rupiah ) perbulan dan dapat disewa dengan durasi yang fleksibel. Selain itu, goshiwon tidak memerlukan uang deposit yang tinggi dan kontrak. Bagi yang belum tahu, jika ingin menyewa kamar seperti kos di Korea, sebagian pemilik gedung mewajibkan penyewa untuk membayar uang deposit minimal sekitar satu juta won (atau 12,2  rupiah).

Fasilitas goshiwon juga sangat bermacam-macam, ada beberapa goshiwon yang menyediakan TV hingga monitor, kamar mandi di dalam, namun dapur biasanya dapat digunakan secara bersama dengan penghuni goshiwon lainnya. 

Kim Jae-hoon drinks water as he sits in his cubicle, called a goshi-won, where he lives in Suwon, South Korea, November 7, 2019. REUTERS/Kim Hong-Ji – cr The Japan Times

Lokasi goshiwon biasanya di tempat yang strategis, karena ditujukan untuk pelajar biasanya terletak di kampus. Hongdae menjadi salah satu area dengan goshiwon terbanyak. Selain dekat dengan kampus Hongik (disingkat Hongdae), daerah Hongdae merupakan hot place bagi anak muda Korea. 

References ; seoulinspired.com



Sumber Berita

Leave A Reply

Your email address will not be published.