SelebritisNews.com
Art is not a luxury, but a necessity.

Krisis Demografis, Simak Kisah Penghuni Terakhir Pulau Nokdo di Korea Selatan | Tenasia

0 29



Pulau Nokdo – www.brcn.go.kr

Pulau Nokdo merupakan pulau kecil berbentuk rusa yang terletak di barat daya Korea. Pulau Nokdo sendiri merupakan surga bagi para pecinta abalon, teripang dan arenomia, karena jumlahnya sangat melimpah di pulau ini. Pasir putih di pulau Nokdo sangat luas, panjangnya mencapai 35 km dan lebarnya 100 m. 

Namun sayangnya, pulau Nokdo mengalami krisis demografis sehingga menyisakan hanya kurang lebih 100 orang penghuni pulau. Lyoo Chan-hee merupakan seorang anak laki-laki berumur 10 tahun yang merupakan salah satu dari tiga anak yang tersisa di pulau Nokdo. 

Ia mengaku merasa sedih dan berharap memiliki lebih banyak teman. Chan-hee mengaku kerap bermain bersama Kim Si-Young (66 tahun) seorang nelayan di pulau Nokdo. 

Kim sangat ingin menjaga pulau Nokdo, namun hal tersebut dinilai sangat sulit dan melihat jumlah penghuni pulau yang makin sedikit membuatnya stress. 

Pada tahun 2006 lalu, sekolah di pulau Nokdo ditutup karena adanya urbanisasi nasional dan keluarga berencana (KB) yang mengakibatkan penurunan jumlah populasi terutama anak kecil. 

Kini, anak-anak yang tersisa di pulau Nokdo mendapatkan pembelajaran melalui seorang guru, Choi Jin-sung.

Choi Jin-sung, seorang guru, mengajar di pulau Nokdo, – widerimage.reuters.com

Pada tahun 2020 lalu, Nokdo menjadi pulau dengan tingkat kelahiran paling rendah di dunia menurut World Bank. Tingkat kelahiran di Korea pada tahun 2020 hanya mencapai angka 0.84% menurut data statistik di Korea. Hal ini disebabkan oleh banyaknya jumlah wanita yang berkarir. 

Lyoo Geun-pil (42 tahun), merupakan ayah dari Chan-hee adalah seorang pastor di pulau Nokdo. Ia berencana untuk tinggal di pulau Nokdo selama ia menjadi pastor, namun beberapa kendala seperti kurangnya ketersediaan fasilitas membuat ia tahu bahwa keluarganya tidak dapat terus tinggal di Nokdo. 

Chan-hee akan masuk ke bangku SMP dalam 2 tahun ke depan dan Geun-pil berharap agar putranya dapat mengikuti kegiatan belajar di bangku SMP di pulau Nokdo. 

Melihat potensi yang dimiliki pulau Nokdo, sungguh sangat disayangkan. Karena seharusnya potensi tersebut dapat dikembangkan agar pulau Nokdo tidak mati dimakan waktu. 

Sumber : https://widerimage.reuters.com/story/the-last-children-on-south-koreas-ageing-island



Source link

Leave A Reply

Your email address will not be published.