SelebritisNews.com
Art is not a luxury, but a necessity.

Mengenal Masjid Satu-satunya di Korea Utara – Korea

0 11



Tak banyak yang tahu bahwa di Korea Utara ternyata ada masjid untuk beribadah umat Muslim. Tentu saja hal ini kurang dikenal di dunia karena Korea Utara dikenal sebagai negara komunis. Namun, melalui media sosial, diketahui bahwa Kedutaan Rusia di Korea Utara memposting di Facebook foto diplomat Muslim dari berbagai negara berkumpul di Masjid Al-Rahman di Pyongyang pada 13 Mei lalu dan terlihat sedang berkumpul dan beribadah untuk merayakan berakhirnya Ramadhan. Foto menunjukkan pria dan wanita beribadah di tempat yang berbeda di dalam masjid.

Kedutaan Rusia memposting tiga foto dan menulis, “Hari ini, Ibadah yang merayakan akhir bulan suci Ramadhan, perayaan Idul Adha, diadakan di Masjid Al Rahman.” Namun, tampaknya pegawai Kedutaan bingung dengan dua hari raya Islam yang berbeda, yaitu Idul Fitri dan Idul Adha. Acara perayaan dan upacara minum teh dihadiri oleh pejabat dari negara-negara Muslim dan diplomat Muslim yang ditempatkan di Pyongyang, Kedutaan Besar Rusia menambahkan. Dia juga menjelaskan bahwa masjid itu “dibuka di kedutaan Iran pada tahun 1989, dan Ali Khamenei menghadiri upacara pembukaan.”

사람 11명, 어린이, 서 있는 사람, 야외의 이미지일 수 있음

(Credit: https://www.facebook.com/RusEmbDPRK/) Gambar yang diambil di depan gedung masjid untuk merayakan acara Idul Fitri. Dapat dilihat papan nama dengan deskripsi Bahasa Inggris, “Masjid Rahman, Pyongyang, didirikan pada tahun 1985.”

Menggabungkan informasi yang tersedia dari deskripsi dan foto kedutaan, diperkirakan bahwa masjid pertama dibangun pada tahun 1985 dan upacara pembukaan resmi diadakan pada tahun 1989 bertepatan dengan kunjungan Presiden Iran Ali Khamenei (moderamen saat ini) ke Korea Utara. Selain itu, tampaknya masjid tersebut dioperasikan sebagai kapel tidak hanya bagi diplomat Iran, tetapi juga para diplomat pan-Muslim.

Masjid ini menunjukkan ikatan tradisional antara Korea Utara dan Iran. Iran dan Korea Utara mulai menjalin hubungan diplomatik pada tahun 1973, 11 tahun setelah pembentukan hubungan diplomatik antara Korea Selatan dan Iran. Setelah menggulingkan monarki dan berkuasa, kekuatan revolusioner menjadi dekat dengan Korea Utara ketika mereka mengimpor senjata senilai $2,6 miliar dari Korea Utara selama Perang Iran-Irak tahun 1980 sampai 1988. Meskipun pertukaran setelah itu sangat sedikit, dianalisis bahwa hubungan persahabatan terus berlanjut karena Iran dan Korea Utara memiliki kesamaan kesetiaan untuk mendukung satu sama lain selama perang Irak, kesamaan sistem mereka, dan pemeliharaan posisi anti-AS.

Di sisi lain, tidak diketahui apakah masjid tersebut juga digunakan oleh warga Korea Utara biasa. Tidak diketahui juga apakah Islam Korea Utara telah menyebar ke masyarakat umum kecuali staf asing, tetapi kemungkinan adanya Muslim otonom dibahas secara samar. Hal ini karena ketika Korea Utara aktif mengirim mahasiswa ke negara-negara Arab seperti Libya, Suriah, Mesir, Kuwait, dan Sudan di masa lalu, Islam mungkin telah diperkenalkan ke Korea Utara melalui mahasiswa asing. Agama-agama besar seperti Kristen, Buddha, dan Chondoisme telah saling bertukar sejak tahun 2000-an melalui kunjungan atau proyek kerja sama antara Korea Selatan dan Utara. Namun, belum ada kasus pertukaran Islam antara Korea Utara dan Korea Selatan sejauh ini.

Korea Utara saat ini menganggap ‘agama’ sebagai pelanggaran terhadap ‘ide Juche’ dan melarang masyarakat umum untuk beragama, jadi jika seseorang terlibat dalam kegiatan keagamaan pribadi, dia akan ditangkap, disiksa, dan ditahan. Pada tahun 2018, Pusat Informasi Hak Asasi Manusia Korea Utara melakukan survei terhadap sekitar 13.000 pembelot Korea Utara dan menemukan bahwa kurang dari 1 persen telah mengunjungi fasilitas keagamaan. Sam Brownback, Duta Besar Departemen Luar Negeri AS mengatakan bahwa tidak ada tanda-tanda perbaikan karena situasi di Korea Utara sangat agresif dan jahat. Diharapkan kebebasan beragama akan tetap dijamin di Korea Utara sesegera mungkin.



Sumber Berita

Leave A Reply

Your email address will not be published.