SelebritisNews.com
Art is not a luxury, but a necessity.

Peringatan ‘Samiljeol’ ke-102, Bendera Tertua ‘Denny Taegukgi’ Dipamerkan di Museum Nasional Korea | Tenasia

0 32



Hi, pembaca Ten Indonesia!

Tidak terasa hari ini sudah memasuki tanggal 1 Maret ya?! Tahukah kamu bahwa tanggal 1 Maret merupakan hari yang sangat penting bagi masyarakat Korea?

Image source : Jungdo Ilbo

Hari ini merupakan hari peringatan Samiljeol (삼일절), Hari Gerakan Kemerdekaan Korea atau Gerakan 1 Maret. Samiljeol pertama kali terjadi pada tanggal 1 Maret 1919, dan merupakan salah satu gerakan yang tercatat sebagai perlawanan Korea terhadap penjajahan Jepang di Korea dari tahun 1910 hingga 1945, menjadikan ini sebagai titik balik penting dalam sejarah Korea.

Dilansir dari Best of Korea, gerakan ini dimulai oleh 33 pemimpin budaya dan agama Korea yang setelah hampir 10 tahun pemerintahan Jepang, membuat “Proklamasi Kemerdekaan” Korea dan kemudian mengadakan demonstrasi massal di Seoul pada tanggal 1 Maret 1919.

Image source : theme.archives.go.kr

Pada hari yang ditentukan, para pemimpin membaca proklamasi dan meminta rekan konspirator membacanya di kota-kota di seluruh negeri. 

Menurut New York Times, sekitar 2 juta dari 20 juta orang berpartisipasi dalam demonstrasi jalanan sampai pemerintah Jepang menekan gerakan kemerdekaan beberapa minggu kemudian. Lebih dari 7.000 orang tewas, dan sekitar 46.000 orang dipenjara.

Meskipun gerakan tersebut gagal mencapai tujuan terpentingnya yaitu kemerdekaan nasional, gerakan tersebut penting dalam memperkuat persatuan nasional dan diperingati setiap tahun sejak 1919.

Pada 24 Mei 1949, Hari Gerakan Kemerdekaan Korea dinyatakan sebagai hari libur nasional di Korea dan hari ini, 1 Maret adalah hari libur nasional di Korea Utara dan Selatan.

Sebagai salah satu hari penting, masyarakat Korea merayakan hari Samiljeol dengan memasang dan mengibarkan Taegukgi (bendera nasional Korea) di rumah-rumah, tempat bisnis, dan institusi di seluruh Korea dan mengadakan perayaan termasuk parade, konser, dan pameran untuk memperingati hari tersebut.

Sehubungan dengan Taegukgi, Museum Nasional Korea mengadakan sebuah pameran spesial dengan memamerkan Denny Taegukgi, bendera nasional tertua di Korea.

Image source : Chosun

Menurut Korea Joongang Daily, Denny Taegukgi dipersembahkan oleh Raja Joseon Gojong (1863-1907) kepada Owen N. Denny (1838-1900), seorang konsul Amerika yang menjabat sebagai penasihat diplomatiknya, sekembalinya ke Amerika Serikat pada tahun 1890. Setelah kematian Denny pada tahun 1900, bendera tersebut telah disimpan olehnya hingga salah satu keturunannya menyumbangkan bendera tersebut ke Korea pada tahun 1981. 

Bendera katun yang dijahit dengan tangan ini berukuran lebar 2,6 meter (8,53 kaki) dan tinggi 1,8 meter, adalah prototipe desain Taegeukgi masa kini.

Sementara itu, pameran spesial Denny Taegukgi di Museum Nasional Korea ini telah berlangsung sejak 23 Februari-8 Maret 2021 mendatang.





Sumber Berita

Leave A Reply

Your email address will not be published.