SelebritisNews.com
Art is not a luxury, but a necessity.

Perusahaan Korea Terkenal Naver dan Kakao Fokus di Pasar Indonesia – Korea

0 18



Oleh Kim Minju

From naver webtoon, kakaopage

Perusahaan internet terkenal asal Korea, seperti Naver dan Kakao kini sedang bersaing untuk mengamankan konten masing-masing. Kedua perusahaan tersebut bekerja untuk mengamankan kekayaan intelektual, yang bisa menjadi hits di dunia. Ini karena ‘skalabilitas global’ dari webtoon dan novel web yang dibuat dengan baik secara tidak terbatas. Webtoon Naver Sweet Home juga diproduksi menjadi sebuah drama, dan telah menduduki puncak penayangan Netflix di 8 negara. Selain itu, webtoon Space Sweepers di KakaoPage, yang juga diadaptasi ke bentuk film, telah menempati posisi pertama di seluruh peringkat film Netflix pada bulan Februari lalu.

From naver webtoon, kakao page

Naver dan Kakao fokus di pasar Indonesia

Berdasarkan laporan pada 7 April, Naver akan menginvestasikan $150 juta di perusahaan media Indonesia Emtek. Emtek adalah perusahaan yang menyediakan layanan OTT, memiliki saluran over-the-air secara nasional, dan menjalankan bisnis produksi dan distribusi konten original. Perusahaan ini memiliki kapitalisasi pasar $10,3 miliar dan menduduki peringkat ke-9 di antara perusahaan-perusahaan Indonesia. Bersama Emtek, Naver berencana mencari peluang pertumbuhan baru di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Line telah memiliki sekitar 81 juta pengguna di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, dan Line Webtoon menduduki peringkat No. 1 dalam pendapatan kategori komik berdasarkan Google Play di Indonesia dan Thailand.

Naver berkata, “Ada berbagai bisnis yang difokuskan Naver pada potensi ekspansi global, seperti Commerce, Konten, dan Cloud. Naver berencana untuk menjajaki berbagai peluang dengan mitra Asia Tenggara, dengan fokus pada proyek-proyek besar ini.”

Lalu, bagaimana dengan Kakao? Ketika KakaoPage masuk ke Indonesia pada tahun 2018, ia mengakuisisi platform webtoon ‘NEO Bazaar’. Kakao yang masuk ke Indonesia menjadikan webtoon sebagai item utama di pasar Indonesia. Webtoon Korea The office Blind Date menduduki peringkat pertama dalam penjualan kumulatif di KakaoPage Indonesia pada tahun 2020. Selain itu, webtoon Solo leveling juga menduduki peringkat ketiga dalam hal penayangan kumulatif. Kakao sendiri adalah perusahaan yang masih kental dengan citranya sebagai ‘perusahaan yang hanya terkenal di Korea’. Untuk alasan itu, Kakao bekerja keras untuk memiliki citra secara ‘global’.

Asia Tenggara berpenduduk sekitar 673 juta dan ini adalah pasar yang melebihi pasar Amerika Latin. Apalagi rata-rata usia penduduknya sangat rendah, sekitar 30 tahun, dan pada tahun 2025 penduduk kelas menengah akan mencapai 200 juta. Ini akan menjadi kekuatan ekonomi yang berkembang pesat. Indonesia sebagai pusatnya, membuat banyak perusahaan Korea gencar dan fokus untuk meraih pasar Indonesia.



Source link

Leave A Reply

Your email address will not be published.