SelebritisNews.com
Art is not a luxury, but a necessity.

Puasa dalam Masyarakat Korea – Korea

0 8



By Ibu Eva Latifah

Hai, pembaca Ten Indonesia.

Apa kabar semua? Semoga tetap lancar dalam menjalankan ibadah di bulan suci Ramadhan. Biasanya orang Korea mengaitkan bulan puasa dengan agama Islam. Hal ini dikarenakan hanya agama Islam yang mempunyai satu bulan khusus untuk berpuasa. Bagaimana dengan masyarakat Korea? Apakah mereka mempunyai kebiasaan puasa di sana? Atas tujuan dan alasan apa orang Korea melakukan puasa? Artikel ini mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas dengan menelusuri penggunaan kosakata terkait puasa di dalam masyarakat Korea.

Puasa dalam bahasa Korea

Dalam bahasa Korea, puasa biasanya disebut dengan 금식 geumsik. Bila mengacu pada kamus ekabahasa Korea, dapat ditemukan bahwa kata geumsik diartikan sebagai “dilarang makan dalam jangka waktu tertentu karena alasan medis, agama, atau lainnya. Atau tidak makan.” Makna lain kata geumsik adalah “dihiasi dengan emas” atau “dekorasi dengan emas.” Perbedaan arti ini disebabkan oleh hanja (huruf klasik China) yang berbeda meski bunyinya sama, yaitu 禁食 dan 金飾. 禁食 terdiri dari karakter 金 yang dibaca geum dan berarti melarang, menahan diri, atau bertahan; serta karakter 飾 yang dibaca sik dan artinya nasi, makan, atau makanan. Adapun geumsik dengan hanja 金飾, terdiri dari karakter 金 yang dibaca geum dan berarti emas; serta karakter 飾 dibaca sik yang artinya hiasan, dandanan, dekorasi, atau kamuflase.

Bila kata geumsik ditelusuri melalui naver.com (portal populer asli Korea dan digunakan oleh orang Korea), kita akan temukan ragam kosakata terkait geumsik. Kosakata tersebut misalnya금식 다이어트 geumsik daiothe atau diet puasa, 금식 물 geumsik mul atau puasa minum, 건강검진 금식 물 gon-gang gomjin geumsik mul atau puasa minum untuk pemeriksaan kesehatan, 위내시경 금식시간 winesigyeong geumsik sigan atau waktu puasa gastrofiberscope, 피검사 금식시간 phigeomsa geumsik sigan atau waktu puasa pemeriksaan darah, 혈액검사 금식 hyeorek gomsa geumsik atau puasa pemeriksaan tekanan darah. Hal tersebut menunjukkan bahwa dalam bahasa Korea kata geumsik secara umum dikaitkan dengan alasan kesehatan (diet) atau medis.

Selain makna-makna di atas, kata geumsik ternyata adalah nama orang. Geumsik adalah tokoh pada era klasik. Ia dikenal sebagai tokoh sejarah yang menjadi memimpin pasukan pada Pertempuran Sahwajin di Sangju.

Geumsik Vs Dansik

Selain geumsik, kata yang digunakan untuk menyebut puasa adalah단식 dansik. Dansik dijabarkan dengan “tidak makan secara sadar untuk jangka waktu tertentu”. Bila dibandingkan dengan pemaknaan geumsik, sebenarnya tidak ada perbedaan berarti. Sama-sama tidak makan dalam kurun waktu tertentu. Dalam dunia medis, kedua kata ini digunakan secara bergantian. Pun jika kita berselancar di internet, kita akan menemukan beberapa orang Korea masih mencampurkan penggunaan kata geumsik dan dansik untuk situasi yang sama, seperti puasa diet, puasa pemeriksaan medis, atau puasa untuk berdoa.

Lalu bagaimana cara membedakan keduanya? Menurut tvchosun.com, perbedaan kedua kata ini dapat dilihat dalam penggunaannya di agama Kristen. Dansik digunakan untuk puasa yang benar-benar tidak memasukkan apapun (makanan atau minuman) ke dalam mulut. Sementara, kata geumsik digunakan bila masih mengkonsumsi sesuatu atau cairan dalam porsi tertentu. Puasa Daniel, misalnya, karena memperbolehkan makan sayur dan buah maka bahasa Korea yang tepat adalah kata geumsik. Begitu juga bila puasa dilakukan dengan hanya makan garam dan air saja.

Sebaliknya, bila seseorang tidak makan dan minum sama sekali dan dalam kurun waktu tertentu maka kata yang paling pas untuk digunakan adalah dansik. Secara ilmu kedokteran, dansik hanya dapat dilakukan maksimal tiga hari. Karena, saat berpuasa tubuh akan menyerap otot dan lemak yang ada. Kemudian, jantung akan berdetak kencang. Jika dipaksakan lebih dari tiga hari, metabolisme tubuh akan terganggu dan orang yang melakukan dansik akan kehilangan kesadaran atau bahkan meregang nyawa.

Grafik Perbandingan Penggunaan Kata Dansik dan Geumsik

Berdasarkan data penelusuran google, diperoleh perbedaan trend penggunaan geumsik dan dansik seperti tercantum dalam grafik di atas. Data tersebut menunjukkan bahwa dalam kurun Mei 2020 hingga Februari 2021, penelusuran dengan menggunakan kata dansik di Korea Selatan lebih tinggi daripada geumsik. Hal ini menunjukkan minat warganet Korea terhadap dansik lebih tinggi daripada geumsik. Dari keseluruhan penelusuran kata dansik, yang banyak digunakan netizen adalah sebagai berikut:

Gambar Daftar Kosakata Terkait Dansik yang Banyak Digunakan Netizen

Kata dansik, seperti terlihat dalam daftar di atas, juga digunakan warganet untuk puasa yang bukan hanya menahan lapar dan haus. Berbeda dengan kosakata geumsik yang lebih banyak digunakan untuk menyebut puasa atas tujuan pemeriksaan kesehatan. Dalam daftar trend penelusuran kosakata dansik, tampak bahwa pencarian tertinggi diduduki dopamine dansik atau puasa dopamin. Puasa dopamin adalah hal membatasi kegiatan yang menghasilkan dopamin, yaitu neurotransmitter di dalam tubuh yang dapat memunculkan rasa bahagia (muda.kompas.id). Sayangnya, dopamin yang diperoleh orang jaman sekarang adalah rasa bahagia yang dihasilkan saat bermain gawai. Dampak buruknya, penggunaan gawai secara berlebihan akan menyebabkan kecanduan dan seseorang menjadi tidak produktif. Apalagi saat orang terkurung di rumah saja karena pandemi saat ini. Oleh karena itu, dopamine dansik menjadi keyword yang banyak dicari warganet Korea. Penggunaan dansik untuk kasus ini adalah sangat sesuai karena berarti menahan diri untuk tidak menggunakan gawai sama sekali dalam kurun waktu tertentu.

Ragam Motif Puasa di Korea

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat kita katakan bahwa puasa ada dalam masyarakat Korea. Untuk melihat lebih luas tentang alasan orang Korea berpuasa, mari kita telusuri contoh kalimat di kamus. Kamus krdict.korean.go.kr menulis contoh penggunaan kata geumsik dengan 어머니는 나의 대학 입시 합격을 위해 오 일 동안 금식 기도를 하셨다. Contoh kalimat ini berarti “ibu berpuasa selama lima hari sebagai doa agar aku lulus ujian masuk perguruan tinggi.” Jadi, puasa merupakan salah satu cara orang Korea untuk berdoa.

Contoh lain yang menunjukkan motif keagamaan dalam berpuasa adalah ajakan puasa tiga hari sebagai doa agar corona segera berakhir. Contoh terbaru adalah gerakan 국가3일금식의날 gukka samil geumsik-ei nal atau Hari Berpuasa Tiga Hari Nasional. Gerakan ini dipelopori Asosiasi Pemuda Kristen Seoul sebagai bentuk kepedulian bangsa dalam menghadapi wabah pandemi. Hari Puasa Nasional dilakukan pada  21—23 September 2020 yang lalu.

Kamus monobahasa daring “Korea Univ. Korean Dictionary” menuliskan contoh geumsik dengan라마단 기간 되자 모든 회교도는 낮 동안의 금식을 시작하였다ramadan gigan dwija modeun hwegyodoneun nat tongan-eui geumsik-eul sijakhayeotta. Contoh tersebut berarti “begitu Ramadhan, semua muslim mulai berpuasa di siang hari.” Contoh ini menegaskan makna puasa yang erat dengan motif keagamaan.

Di samping puasa sebagai doa atau alasan spiritual keagamaan, orang Korea juga berpuasa untuk motif tekanan politik. Beberapa peristiwa di Korea yang menunjukkan kegiatan puasa sebagai aksi unjuk rasa dapat dengan mudah dilihat dalam portal-portal berita daring. Salah satu yang cukup fenomenal adalah aksi geumsik selama 8 hari yang dilakukan Hwang Gyo-an di depan Gedung Biru, Seoul. Aksi mogok makan dilakukan untuk menuntut agar Rancangan Undang-undang Fast Track dapat disetujui. Sama seperti di Korea, mogok makan juga digunakan masyarakat Indonesia untuk menuntut sesuatu. Yang paling terkenal adalah mogok makan yang dilakukan oleh driver ojol pada tahun 2019 dan 2020 lalu.

Penutup

Kegiatan puasa dalam masyarakat Korea tidak melulu karena alasan spiritual atau keagamaan. Ada beragam alasan lain yang juga ditemukan, yaitu diet, kesehatan, atau bentuk protes (gerakan tekanan politik). Uniknya, Korea mempunyai dua kata untuk menyebut puasa, geumsik dan dansik yang sebenarnya mempermudah kita untuk mengetahui puasa seperti apa yang dilakukan. Meskipun pada praktiknya banyak orang Korea sendiri yang tidak mengetahui perbedaan tipis antara kedua kata ini. Itulah mengapa kata geumsik dan dansik sering digunakan secara bergantian.

Selain itu, kata dansik mengalami pergeseran atau perluasan makna. Dari menahan makan dan minum, menjadi menahan melakukan sesuatu kegiatan (yang bukan makan). Kata dopamine dansik adalah contoh “puasa” dalam menggunakan gawai. Jadi, kata dansik menjadi satu bukti bagaimana sebuah kata dapat berubah pemaknaannya seiring perubahan jaman.

Selamat berpuasa teman-teman. Salam dansik.

Surel: [email protected]

IG: evalova33



Sumber Berita

Leave A Reply

Your email address will not be published.