SelebritisNews.com
Art is not a luxury, but a necessity.

Sejarah Singkat Awal Mula Perkembangan Islam di Korea Selatan | Tenasia

0 22



Assalamu’alaikum pembaca setia Ten Indonesia! Salam Jumat!

Sehubungan dengan banyaknya pembaca yang bertanya dan ingin mengetahui seputar awal mula dan perkembangan agama Islam di Korea, kali ini tim Ten Indonesia akan membagikan informasi singkat mengenai sejarah Islam di Korea.

seoul central mosque – travel buddy

Agama Islam secara pesat menyebar ke seluruh negara, tak terkecuali di Korea. Pada pertengahan abad ke-7, kepercayaan agama Islam dibawa ke Korea melalui para pedagang Arab. Kedatangan pedagang Arab tersebut dipercaya sebagai titik awal penyebaran agama di Korea melalui kerajaan Silla. Hubungan dagang tersebut terus berlanjut hingga abad ke-15.

Hubungan erat yang dijalin kerap membuat banyak pedagang Arab menetap dan berkeluarga di Korea, contohnya yaitu marga Chang, yang mengaku sebagai keturunan keluarga muslim.

Yun Aliyah, Koreans that converted to muslim – english.hani.co.kr

Berlanjut pada abad ke-19, banyak petani Korea yang merasa kurang sejahtera dan migrasi ke Lembah Timur Manchuria, tepatnya di Pusat Masyarakat Manchuria di Mukden atau Shenyang, yang diketahui telah memiliki komunitas islam. Dari situlah para petani mulai mengenal agama Islam dan saat itu telah berdiri lima masjid di Mukden. Setelah perang dunia II pecah, banyak masyarakat Korea yang balik ke negaranya dengan membawa kepercayaan Islam.

Hingga pada tahun 1955, terbentuklah Korean Islamic Society beserta pembangunan masjid pertama di Imun-dong, Korea Selatan.

Pada tahun 1959, perwakilan dari Korean Muslim Community berangkat ke Pakistan dan Arab Saudi dengan tujuan mengabarkan keberadaan umat muslim di Korea. Keberangkatan ini kemudian menghasilkan dukungan untuk perkembangan muslim di Korea.

Pada tahun 1962, angkatan pertama muslim Korea terbang ke Malaysia untuk tujuan pendidikan dan pelatihan imam. Perkembangan terus berjalan hingga tahun 1967, dimana Korea Muslim Federation secara resmi dibentuk. Sembilan tahun kemudian, pemerintah Arab Saudi membantu untuk mendirikan masjid di Itaewon, Seoul.

Kini pemeluk agama Islam di Korea mencapai angka 150.000 orang menurut artikel di mei.edu. Perkembangan Islam di Korea juga cukup mengejutkan karena potensi perkembangan yang begitu tinggi didorong oleh berbagai tujuan seperti pernikahan, pendidikan, dan pekerjaan.

Demikianlah informasi singkat mengenai awal mula perkembangan Islam di Korea. Jangan lupa untuk menulis topik seputar K-Islam yang ingin kalian ketahui di kolom komentar ya! Sampai jumpa dalam rubrik K-Islam minggu depan!



Sumber Berita

Leave A Reply

Your email address will not be published.