SelebritisNews.com
Art is not a luxury, but a necessity.

Semakin Diminati Kaum Muda, Ini Faktor yang Mempengaruhi Popularitas Webtoon di Korea | Tenasia

0 43



Generasi pertama kartun di Korea dimulai pada komik dan kartun politik yang dimuat dalam surat kabar. Pada tahun 1960-an, buku komik tradisional mulai berkembang dan membuat anak-anak gemar membaca dan mulai meminjamnya dari toko buku komik. Kemudian, komik mulai muncul di majalah dimana pada satu majalah berisi beberapa judul komik. 

Contoh beberapa webtoon – omonatheydidnt.com

Seiring perkembangan zaman, komik kuno kalah bersaing dengan konten media seperti video, sehingga muncul webtoon sebagai bentuk baru dari komik kuno. 

Kini webtoon sangat populer dikalangan anak muda di Korea, bermula dari webtoon berjudul Loser (dalam bahasa Korea, Ing-yeo) yang menceritakan tentang seorang karakter pecundang dan aneh. Banyak anak muda yang tertarik dengan karakter dari komik Loser karena mereka bergumul dengan hidup mereka dan kerap merasa menjadi pecundang.  

Faktor kedua yang mendorong kepopuleran webtoon di Korea adalah adanya komunikasi yang baik antara pembaca dan penulis. Komunikasi yang lancar antar pembaca sangat penting untuk kesuksesan sebuah webtoon. Komunikasi antar pembaca dapat terjadi saat mereka membahas webtoon bersama dan saling mempengaruhi satu sama lain untuk membaca webtoon. 

Ditambah lagi adanya kemudahan teknologi kini, para pembaca dapat berkomunikasi langsung dengan penulis melalui platform online. Pembaca dapat secara langsung memberikan komentarnya pada webtoon dengan komentar, klik, tempel dan memo. 

Faktor ketiga yang mempengaruhi popularitas webtoon adalah aksesibilitas. Kemudahan pengaksesan webtoon membuat banyak orang lebih nyaman untuk membaca webtoon dimana dan kapan saja. Selain itu, webtoon sendiri dapat diakses secara gratis. 

Pembaca Ten, bagaimana menurut kalian? Apakah kalian tertarik untuk membaca webtoon? Tulis di kolom reply ya! 

https://www.dgupost.com/news/articleView.html?idxno=1247



Sumber Berita

Leave A Reply

Your email address will not be published.