FeaturedRELATIONSHIP

Single? Nggak Perlu Malu, Justru Banyak Keuntungan yang Kamu Dapat Lho!

0

SelebritisNews.com, Jakarta – Orang mengatakan bahwa cinta adalah obat yang bisa menyembuhkan banyak penyakit. Sejumlah penelitian pernah dilakukan untuk membuktikan adanya manfaat kesehatan dari hubungan percintaan.

Namun masih sedikit orang yang membicarakan bagaimana dengan orang-orang yang single. Apakah benar mereka lebih rentan penyakit karena tidak mendapatkan kasih sayang?

Ternyata itu salah besar. Dilansir dari Insider, ternyata menjadi single bahkan membawa berbagai manfaat untuk kesehatan. Bagaimana bisa? Berikut ini penjelasannya dilansir dari berbagai sumber!

1. Kamu memiliki supporting system yang besar

Menjadi Single Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatanmu, Ini 7 Faktanya!

livehappy.com

Orang dengan hubungan percintaan memang akan mendapatkan perhatian dan dukungan dari pasangannya. Tak mau kalah, orang yang single memiliki sekelompok sahabat dan keluarga yang selalu siap sedia untuknya. Para single juga cenderung mendapatkan bantuan dan dukungan daripada mereka yang memiliki pasangan.

2. Kamu tidak stres secara finansial

Menjadi Single Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatanmu, Ini 7 Faktanya!

bustle.com

Menjadi lajang berarti bahwa kamu lebih bebas secara sosial dan finansial. Menurut studi dari Debt, orang yang single tidak minat untuk membuat kartu kredit. Tercatat dari keseluruhan pengguna kartu kredit, mereka yang single hanya 21 persen.

Data tersebut berbeda dengan orang-orang yang memiliki pasangan. Mereka yang sudah menikah menyumbang sebanyak 27 persen. Sedangkan pasangan yang sudah memiliki anak menempati posisi pertama pengguna kartu kredit, yaitu sebanyak 36 persen. Memiliki utang bisa berpengaruh kepada kesehatan. Di antaranya meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi.

3. Kamu mendapatkan tidur yang lebih berkualitas

Menjadi Single Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatanmu, Ini 7 Faktanya!

nlifehealthcare.com

Dengan menjadi single, kamu terbebas dari orang lain yang akan merebut selimutmu atau menendangmu dalam tidur. Hal ini bisa mengarah ke manfaat kesehatan yang besar.

Survei dari Amerisleep menunjukkan bahwa kualitas tidur para lajang lebih baik daripada mereka yang sedang menjalani hubungan percintaan yang sehat. Tidur yang baik bisa meningkatkan fokus, mood, dan menjaga agar tubuh berfungsi dengan baik setiap harinya.

4. Kamu cenderung lebih rajin berolahraga

Menjadi Single Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatanmu, Ini 7 Faktanya!

media.cleo.com.sg

Orang yang tidak memiliki pasangan bisa beraktivitas dengan lebih bebas tanpa harus meluangkan waktu untuk kekasih. Termasuk untuk berolahraga.

Dilansir dari Psychology Today, orang yang lajang lebih sering ke gym daripada mereka yang sudah menikah. Saat sudah menikah, kamu memiliki banyak hal untuk diurusi. Pasangan, anak jika sudah punya, hingga mertua. Oleh karena itu, orang yang sudah menikah cenderung lebih sulit meluangkan waktu untuk olahraga.

5. Kamu bisa menyelesaikan masalahmu sendiri

Menjadi Single Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatanmu, Ini 7 Faktanya!

imgix.bustle.com

Menjadi single bisa membuatmu menjadi pribadi yang lebih kuat dan ulet, menurut studi dari Psychology Today. Hal ini bisa membantumu untuk menyelesaikan masalah tanpa bantuan orang lain.

Kemampuan untuk bertahan di tengah tekanan akan menjadi lebih besar. Dengan begitu, tingkat stres pun lebih rendah.

6. Kamu bisa mengatur jadwalmu sendiri

Menjadi Single Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatanmu, Ini 7 Faktanya!

kidlox.com

Ketika berkomitmen di dalam sebuah hubungan, kamu harus memikirkan jadwal dari partnermu untuk segala aktivitas yang ingin kamu kerjakan. Hal itu bisa berarti bahwa kamu harus melewatkan hang out dengan teman untuk menghadiri acara keluarga pasanganmu dan lain-lain.

Berbeda dengan para single yang bisa merencanakan jadwalnya sendiri. Menurut studi dari Elife Science, hal tersebut bisa membuatmu lebih produktif dan bahagia.

7. Kamu bisa lebih bahagia

Menjadi Single Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatanmu, Ini 7 Faktanya!

imgix.bustle.com

Menurut berbagai studi, tingkat kebahagiaan perempuan menurun setelah mereka menikah. Sebaliknya, puncak dari kebahagiaan mereka adalah saat menjadi single atau hidup sendiri.

Hal ini berbeda dengan laki-laki yang ternyata lebih bahagia setelah menikah. Terlepas dari itu semua, orang yang bahagia adalah mereka yang mau bersyukur dan menikmati naik-turunnya kondisi yang mereka hadapi. Baik menjadi single atau memiliki pasangan.

Ternyata jadi single gak buruk kan? Justru ada banyak keuntungan dan kesempatan yang bisa kamu dapatkan.

Waspada 10 Gejala Gangguan Bipolar yang Wajib Banget Kamu Ketahui

Previous article

Pasca Operasi Kanker Ginjal, Berikut Potret Kondisi Terkini Vidi Aldiano

Next article

More in Featured

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *